Total Tayangan Laman

Selasa, 19 April 2011

Event Event Pariwisata di Kepulauan Riau

 
 
 
KOTA TANJUNGPINANG
                    
1.     Pentas Seni VII Kota Tanjungpinang

·         19 Maret 2011 di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah
·         09 April 2011 di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah
·         16 April 2011 di Anjung Cahaya
·         07 Mei 2011 di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah
·         11 Juni 2011 di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah
·         25 Juni 2011 di Anjung Cahaya
·         10 September 2011 di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah
·         08 Oktober 2011 di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah
·         09 November di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

2.     Gawai Seni (Tanggal 17 – 21 Mei 2011)
3.     Festival Teater dan Pantun (Tanggal 23 s/d 28 Oktober 2011)
4.     Dragon Boat Race 2011 ( November 2011)
Pelataran Dragon Boat Race depan Gedung Daerah Tanjungpinang
                  

 
Kabupaten Bintan 

1. Bintan Dance Festival
2 April 2011 - Gedung Nasional TanjungUban
Festival tari Bintan, diikuti sanggar sanggar tari yang ada di Kabupaten Bintan, Memperlombakan  Tarian Kreasi Melayu.

2. Fashion TV Party
14 Mei 2011 - Nirwana Garden
Night Party By the beach

3.  Bintan Fishing Festival 2011
15 Mei 2011 - Desa Berakit
Lomba memancing yang dilaksanakan di salah satu fishing spot di bintan, Dermaga Berakit  Kecamatan Teluk Sebong Kabupaten Bintan

4.  Bintan Triathlon
21 – 22  Mei    Nirwana Garden
Multi Event Olahraga Ketahanan, berenang bersepeda dan berlari dalam berbagai jarak sesuai dengan Klasifikasinya,

5.     Bintan Cultural Festival
8 – 19  Juni 2011 - Reservoir Lagoi
A windows in to Indonesia, merupakan Event yang menampilakan keanekaragaman budaya Indonesia. Dari makanan tradisional, kerajinan tangan, pakaian, dan tarian-tarian. Semua  dalam satu tempat di Bintan Resort.

6.     Bintan Malay Sea Festival
18 - 19 Juni 2011 - Teluk Sebung
Bintan Malay Sea Festival merupakan Event yang menampilkan perlombaan/permainan tradisional melayu. Seperti : Dugong Boat Race, Lomba Sampan Layar, Lomba Jong (miniature sampan layar), dan atraksi permainan rakyat lainnya.

7.     Bintan Golf Championship 2011
25-26 Juni 2011 - Ria Bintan
Ajang turnamen golf bergengsi di Asia, dengan peserta dari berbagai Negara, bermain di lapangan golf ternama di Asia Tenggara “RIA BINTAN GOLF COURSE”

8.     Bintan Mountain Trekking & Durian Party
16 - 17 Juli 2011 - Desa Bukit Batu Gunung Bintan
Bintan Mountain Trekking & Durian Party  adalah perlombaan trekking melintasi hutan hujan gunung Bintan setinggi 340m dpl, ditambah dengan beberapa adventure games, dan diakhiri dengan pesta durian.

9.     Tour De Bintan 2011
11 – 13 November - Bintan Island
Ajang balap sepeda semi professional, diikuti cyclist dari berbagai negara Eropa, Asia, Australia dan Amerika. Jarak tempuh melintasi ¾ pulau bintan 100 sampai dengan 200 km dengan view pantai dan hutan tropis. Terdiri dari beberapa category sesuai dengan klasifikasi cyclist itu sendiri.

10.            Bintan Bupati Cup VI Golf Tournament
Desember 2011 – Bintan Resort
Merupakan event di akhir tahun, tournament golf yang diikuti golfer – golfer dalam dan luar negeri.



 



Kabupaten Lingga 

1.      MANDI SYAFAR   
      02 Februari 2011
Mandi Syafar adalah suatu kegiatan tradisi yang dilaksanakan sebagian masyarakat Melayu Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan tradisi yang bernuansa Islami ini dilaksanakan setiap tahun, tepatnya pada setiap hari Rabu minggu IV bulan Safar tahun Hijriah. Kegiatan ini telah dilaksnakan turun temurun yang berlangsung sejak Sultan Lingga Riau yang terakhir, Sultan Abdurrahman Muazamsyah yang memerintah daru tahun 1883 – 1911. Maka mandi syafar sebenarnya adalah intropeksi diri baik jasmani maupun rohani yang didalamnya terkandung mengharapkan  keridhaan Allah SWT agar diselamatkan dari musibah dan malapetaka serta memohon keampunan-Nya atas segala kesalahan dan kekurangan yang pernah diperbuat agar tidak terjadi lagi dimasa-masa yang akan mendatang. Sedangkan makna sosialnya adalah tetap terjalinnya hubungan silahturahmi antar keluarga dan masyarakat yang ditandai dengan kekompakan dan kebersamaan baik ketika di rumah-rumah ibadah maupun di tempat-tempat pemandian atau di objek-objek wisata diantaranya : Air Terjun Resun di Kecamatan Lingga Utara; Pantai Serim di Kecamatan Lingga; Pemandian Lubuk Papan di Kecamatan Lingga; Pantai Pasir Panjang Karang Bersulam di Kecamatan Lingga dan Pantai Mempanak, Desa Sungai Pinang di Kecamatan Lingga.

2.      LINGGA FISHING FESTIVAL
Tanggal 29 April s/d 01 Mei 2011
Lingga Fishing Festival Kabupaten Lingga Tahun 2010 dimotori oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lingga, yang merupakan kegiatan yang secara langsung mengenalkan kepada masyarakat bahwa kita mempunyai keindahan bahari, khususnya di Pulau Pena’ah. Kegiatan ini dirancang sebagai ajang kompetisi yang dapat menggalakkan rasa cinta bahari dan keakraban peserta dari berbagai daerah. Lomba memancing merupakan kegiatan utama, sedangkan kegiatan pendukung terdiri dari Dayung Sampan, Voli pantai,Lomba Kano, berwisata berkeliling pulau Pena’ah, snorkeling, diving dan joged dangkong. Kegiatan ini nantinya sangat diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi masyarakat di Senayang pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Lingga pada umumnya, karena Senayang adalah daerah yang sangat berpotensi sebagai pusat wisata bahari. Dengan indahnya gugusan terumbu karang dan mempesonanya pemandangan laut di Senayang diharapkan dapat dinikmati oleh wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia. Untuk itulah kegiatan LFF yang merupakan agenda tahunan.

3.     HAUL JAMA’
Minggu pertama Bulan Juli 2011
Merupakan ritual kegiatan keagamaan berskala tahunan yang dilaksanakan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan atau tepatnya di bulan sya’ban. Masyarakat Kabupaten Lingga khususnya kaum muslimin tidak pernah melupakan kegiatan yang telah menjadi tradisi budaya melayu ini, yang mempunyai tujuan mendoa’kan orang yang sudah meninggal dunia dan memohon ampunan Allah SWT.
 4.      MALAM TUJUH LIKUR
Pada minggu ke IV bulan Agustus 2011
Salah satu tradisi masyarakat Kabupaten Lingga yang dilaksanakan pada setiap malam 27 Ramadhan adalah “ Malam Tujuh Likur”. Pada malam itu hampir setiap rumah penduduk menyalakan pelita (lampu teplok) disekitar rumah, jalan dan lorong-lorong, serba digerbang-gerbang yang dibangun bernuansa Islami seperti bertuliskan khaligrafi dan kubah mesjid.
5.      RAMPAI SENI BUDAYA MELAYU (RSBM)
PADA BULAN DESEMBER MINGGU I
Perhelatan RSBM yang dilaksanakan setiap tahun merupakan kegiatan kalender tahunan sebagai salah satu upaya pelestarian seni budaya melayu agar terus menerus hidup dan berkembang di negeri Bunda Tanah Melayu secara dinamis, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya.
KEGIATAN-KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN PADA RSBM KABUPATEN LINGGA 2010, YAITU:
1. LOMBA LAGU MELAYU
2. LOMBA TARI INAI
3. LOMBA SILAT PENGANTIN
4. LOMBA TARI TRADISI
5. LOMBA TARI KREASI
6. LOMBA CIPTA MENU BAHAN DASAR SAGU
7. PEMENTASAN BANGSAWAN
8. WORKSHOP TARI DAN MUSIK
9. PAMERAN BONSAI 

6.      GERAKAN SAYANG BENDA CAGAR BUDAYA (GSBCB)
BULAN OKTOBER MINGGU KE II
Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah Kabupaten Lingga terhadap kepedulian masyarakat didalam penyelamatan benda cagar budaya. (BCB) kegiatan ini telah berlangsung sejak tahun 2006 dan tercatat jumlah benda cagar budaya (BCB) yang telah dihibahkan masyarakat ke Museum Mini Linggam Cahaya sampai bulan Oktober 2010 sebanyak 1.922 buah dengan jumlah penghibah sebanyak 1.444 orang.         


  

  


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar